Cuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Meningkatkan Penyebaran Bakteri

1 min read
MENCUCI ayam mentah adalah sebuah kebiasaan, terutama ketika membaca resep yang mengharuskan mencuci sebelum diolah. 

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan mencuci ayam mentah sebelum dimasak meningkatkan penyebaran bakteri di dapur. 


Hal ini karena pencucian menyebabkan beberapa bakteri di permukaan ayam menyebar ke bahan makanan lain, peralatan dapur, dan meja dapur. 


Oleh karena itu, metode berikut ini dapat digunakan untuk mengolah daging olahan dengan cara mencegah pertumbuhan bakteri:


1. Cuci tangan Anda setelah menyentuh daging ayam.


2. Cuci meja dapur dengan air hangat dan sabun. Jika perlu, cuci dengan larutan yang tidak mengeluarkan bau amis atau bakteri.


3. Buang semua kemasan daging ayam untuk menghindari kontaminasi silang. Jangan gunakan kembali untuk makanan lain. Segera buang bahan kemasan sekali pakai lainnya seperti nampan daging busa, karton telur, dan kemasan plastik.


4. Gunakan termometer makanan untuk memastikan makanan telah mencapai suhu internal yang aman. Misalnya, daging sapi, domba, daging panggang, dan iga dapat dimasak hingga 145°F, sementara semua unggas harus mencapai suhu internal yang aman yaitu 165°F atau lebih tinggi.


5. Daging ayam harus dicuci dengan air mengalir, misalnya air keran, untuk menghilangkan kotoran. Hal ini akan mengurangi jumlah bakteri yang mencemari peralatan rumah tangga, termasuk makanan lainnya. (*)

Posting Komentar